Cara Sederhana Untuk Mengurangi Penat Dalam Pekerjaan

Cara Sederhana Untuk Mengurangi Penat Dalam Pekerjaan – Prestisa. Pekerjaan yang semakin menumpuk ditambah lagi, deadline yang semakin dekat. Beberapa hal tersebut pasti pernah dirasakan oleh para pekerja.

Belum lagi tuntutan yang terus datang dari atasan. Kalau bisa rasanya ingin membelah diri saja agar dapat mengerjakan semuanya sekaligus.

Disituasi seperti ini, rasa stres kerap menghampiri. Stres sendiri itu apasih sebenarnya? Menurut Wikipedia, stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan.

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Contohnya,  banyak pekerja yang menganggap beban kerja serta deadline sebagai tantangan yang positif.

Faktor yang menyebabkan seseorang menjadi stres bisa berupa faktor lingkungan, organisasi, maupun dari diri sendiri.

Akibat yang ditimbulkan dari stres pun beragam. Ada yang menjadi mudah marah, sulit membuat keputusan, kehilangan nafsu makan hingga mengalami tekanan darah tinggi.

Prestisian, kamu bisa lakukan cara sederhana untuk mengurangi penat dalam pekerjaan:

  1. Mendengarkan Musik

Musik dianggap memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Dan memiliki beragam pengaruh atau terhadap pendengarnya. Mendengarkan musik bisa membuat seseorang menjadi santai, senang bahkan sedih.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Teresa Lesiuk membuktikan bahwa mendengarkan musik ketika bekerja, mampu membuat seseorang mengerjakan tugasnya lebih cepat dan baik.

Kamu bisa coba untuk mendengarkan musik jenis ceria saat jam istirahat kerja atau saat penat dengan pekerjaan. Musik yang ceria diyakini dapat meningkatkan mood seseorang. Tidak hanya itu, mendengarkan musik juga dapat mengurangi gejala depresi, stres, memperbaiki memori bahkan meningkatkan konsentrasi.

  1. Menghias Meja Dengan Aksesoris

Hias meja tempat kamu bekerja dengan dekorasi yang kamu inginkan. Kamu bisa coba dengan menaruh aromatherapi. Pilihlah wewangian yang bisa membuat kita rileks. Seperti wangi chamomile, peppermint, ataupun lavender. Hindari wewangian yang terlalu menusuk. Agar tidak menganggu rekan kerja kamu yang lain.

Kamu juga bisa menghias meja dengan menaruh pernak pernik atau aksesoris bernuansa tanaman mini, seperti kaktus atau bambu mini. Warna hijau diyakini dapat membuat kita lebih segar.

Atau menghias meja dengan menaruh foto orang-orang yang kamu sayangi. Selain mengingat momen yang kamu lewati bersama mereka, juga bisa mengisi ulang semangat kamu setelah dikuras oleh penatnya pekerjaan.

cara sederhana untuk mengurangi penat dalam pekerjaan

  1. Banyak Bergerak

Cobalah untuk melakukan peregangan badan sederhana setiap 5 sampai 10 menit saja. Atau sekedar untuk bergerak seperti mengisi ulang air minum atau ke toilet.

Hal ini dilakukan selain agar badan kita lebih banyak bergerak tapi juga agar tubuh kita lebih rileks. Setelah lelah menatap layar komputer seharian.

  1. Berinteraksi Dengan Teman Kerja

Mengobrol dengan rekan kerja dipercaya dapat membantu mengurangi beban pekerjaan kita. Kamu bisa bicarakan mengenai penat yang kamu rasakan kepada rekan kerjamu. Selain dapat membantu meringankan beban pekerjaan yang kamu rasakan. Mengobrol dengan rekan kerja juga dapat memperkuat relasi dalam hubungan pekerjaan.

 

Itu dia cara sederhana untuk mengurangi penat dalam pekerjaan. Jangan terlalu memaksakan diri ya, Prestisian! Bekerja keras boleh dilakukan, asal tetap ingat untuk menyayangi diri sendiri.