Mengenal Bunga Abadi Edelweiss – Simbol Keindahan Alami Gunung Alps

Mengenal Bunga Abadi Edelweiss – Simbol Keindahan Alami Gunung Alps

 Mengenal Bunga Abadi Edelweiss – Simbol Keindahan Alami Gunung Alps

Edelweiss

Bunga Edelweiss Austria

Edelweiss, Edelweiss
Every morning you greet me
Small and white, clean and bright
You look happy to meet me
Blossom of snow may you bloom and grow
Bloom and grow forever
Edelweiss, Edelweiss
Bless my homeland forever


Entah dari lagu Edelweiss yang kamu kenali di film terkenal seperti “the sound of music”, sampai dengan lambang mata uang kertas di Romania. Tentu lambang Edelweiss sudah tidak lagi langka di dengar.

Tapi apakah kamu benar – benar mengenal mengenao bunga satu ini? – Yuk simak berbagai macam bunga yang kita pahami sebagai bunga Edelweiss

Leotopodium Alpinium – Atau yang lebih sering dipanggil sebagai bunga Edelweiss. Aslinya nama Edelweiss ini diambil dari bahasa German yakni dari kata edelweiß. Kata edelweiß ini sebenarnya berarti “nobel – white” atau putih yang agung. Jadi bisa kamu bayangkan bahwa bunga ini memang dipuja oleh bangsa German sebagai simbol kekasatriaan dan kepahlawanan di zaman perang dunia pertama.

Dilain hal nama latinnya yakni leotopodium alpanium memiliki arti yang berbeda. Leotopodium yang berarti “Lion’s Paw” atau telapak Singa. Dan Alpanium diambil karena bunga ini digolongkan menurut Bapak Klasifikasi Carolus Linneus sebagai keluarga Alpine. Jadi bisa juga dibilang bahwa bunga edelweiss ini juga dianggap sebagai bunga yang terlihat seperti telapak singa.

Tetapi meski memiliki arti dan nama yang berbeda. Bunga edelweiss memiliki berbagai manfaat. Apabila dilihat dari kegunaannya Edelweiss dapat digunakan  sebagai obat herbal. Bunga ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit pencernaan dan pernafasan sehingga zaman dahulu sering diambil sebagai bahan obat. Tapi yang paling terkenal sebenarnya adalah bunga ini merupakan pencitraan keindahan gunung Alps yakni, gunung yang berada di Austria. Karena ditemukannya jauh di 1800 m atas laut. Maka pendaki gunung yang menemukan ini merasakan keindahan alami gunung tersebut. Sehingga hingga kini Bunga Edelweiss disimbolkan sebagai simbol nasional negara Austria dan Swiss

Percaya tidak percaya konon katanya Adolf Hitler, pemimpin Nazi pada zaman perang dunia kesatu itu sangat menyukai bunga Edelweiss. Bahkan dipercaya sebagi bunga terfavoritenya.

Menarik bukan?, memang bunga ini sangat dikagumi oleh bangsa eropa pada saat itu. Bahkan dipercaya bahwa apabila orang dapat mengambil bunga edelweiss maka orang tersebut memiliki dedikasi yang sangat tinggi. Mengapa demikian? – Karena pada saat itu untuk mendaki gunung tidak seperti pada saat ini. Tida ada GPS, Guide-nya, maupun teknologi seperti sepatu gunung. Mempertaruhkan nyawa merupakan hal yang normal apabila orang akan mengambil bunga edelweiss.

Dan untuk mendedikasikan keindahan bunga edelweiss, Austria dan Romania telah menaruh lambang bunga ini sebagai motif dalam mata uang mereka. Logam uang 2 cents untuk Austria, dan 50 Lei Banknote (atau uang kertas) untuk Romania.

Ditambah lagi uniknya, Indonesia pun mempunya bunga edelweiss kita sendiri yang bernama Anaphalis Javanica.

Anaphalis Javanica – Atau yang lebih kita kenal sebagai bunga Edelweiss Jawa. Banyak ditemukan di berbagai macam Gunung di Indonesia. Meskipun Bunga Edelweiss yang kamu lihat dijual oleh para pemetiknya di berbagai gunung di Indonesia terlihat kecil namun aslinya sebenarnya bunga ini sebenarnya memiliki tinggi yang cukup melebihi saudara bunga lainnya.

Bunga ini sering ditemukan diberbagai macam pegununggan di Nusantara. Tapi apabila kamu sempat pergi ke Gunung Bromo, bunga ini pun juga dapat kamu miliki dan dibeli oleh kamu di sana.  Para penduduk lokal yang telah lama tingga dalam gunung bromo, telah memberikan jasa penjualan bunga ini. Tapi sayangnya karena hal ini pula yang menyebakannya hampir punahnya bunga Anaphalis Javanica.

Karena bunga edelweiss hanya dapat tumbuh dalam kondisi dan ketinggian tertentu, maka sangat susah buntuk mengembang biakkan bunga tersebut. Apabila masyarakt dan penduduk lokal memanennya tanpa memerhatika kondisi. Maka kemungkinan besar Bunga Edelweiss Jawa ini akan punah.

Oleh karena itu, kita cukup melihatnya dari jauh saja ya, jika kamu tertarik ini ada beberapa tempat untuk kamu Melihat bunga edelweiss di Indonesia– Atau kamu juga bisa iseng cari duit romania atau austria aja. Ayo kita dukung pelestarian tumbuhan unik di Indonesia. So Good Luck.




Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa