Hadiah Tahun Baru Unik di Jepang

Hadiah Tahun Baru Unik di Jepang

Otoshidama93Hadiah Tahun Baru Unik di Jepang

Salah satu musim libur paling penting di Jepang adalah tahun baru. Perayaan dimulai pada 1 Januari dan berlangsung selama dua minggu. Ada berbagai bentuk hadiah tahun baru yang menjadi bagian tradisi Jepang.

Nenga-jo atau kartu pos. Orang-orang Jepang mengirim salam tahun baru melalui kartu pos untuk rekan bisnis, teman-teman, keluarga dan kenalan. Kartu ini sering dihiasi dengan foto-foto hewan yang mewakili tahun baru (misalnya, 2010 adalah Tahun macan sehingga kartu memiliki gambar harimau). Nenga-jo tidak dikirim ke orang-orang yang telah kehilangan seorang kerabat di tahun sebelumnya.

Otoshidama. Otoshidama adalah tradisi memberikan uang kepada anak-anak kecil saat tahun baru. Uang yang diberikan dimasukkan ke dalam amplop yang disebut pochibukuro. Banyak keluarga pergi berbelanja pada hari tahun baru dan menjadi kesempatan bagi anak-anak menggunakan uang mereka untuk membeli mainan, permen dan lain sebagainya.

Makanan. Hadiah tahun baru yang paling populer setelah Nenga-jo mungkin adalah makanan. Hadiah makanan tahun baru di Jepang diperlakukan dengan sangat serius. Baik isi maupun pembungkusnya dianggap sangat penting. Kopi, buah-buahan, minyak salad dalam botol dekoratif dan kecap adalah hadiah makanan yang sangat tradisional. Dalam beberapa tahun terakhir permen telah menjadi hadiah populer, terutama gourmet coklat dan aneka kreasi marzipan yang rumit.

Cindera mata simbol keberuntungan. Kebanyakan orang pergi ke kuil di tahun baru. Kios-kios yang menjual simbol keberuntungan bagi para peziarah didirikan di sepanjang jalan. Cindera mata tersebut misalnya saja hamaya, yaitu panah kayu berplakat di mana anda dapat menulis keinginan tahun baru anda; jimat keberuntungan yang bernama omamori; dan omikuji, yaitu kertas peruntungan.




Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa