Latar Belakang Hari Ibu di Berbagai Negara

Latar Belakang Hari Ibu di Berbagai Negara

happymothersdayLatar Belakang Hari Ibu di Berbagai Negara

Di Indonesia, hari ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Tanggal tersebut adalah hasil keputusan dari Presiden Soekarno pada tahun 1959 karena tanggal 22 Desember adalah tanggal dimana Kongres Perempuan Indonesia pertama kali diadakan. Tapi hari ibu sendiri tidak hanya diperingati di Indonesia. Negara-negara lain memiliki peringatan hari ibu dengan tanggal yang berbeda-beda. Inggris misalnya, sudah memiliki peryaaan Mothering Sunday sejak abad 18.

Di Amerika, peringatan hari ibu dirayakan setiap hari minggu kedua di bulan Mei. Hari ibu seperti yang berlangsung di Amerika Serikat saat ini dicetuskan oleh Anna Jarvis pada tahun 1908 sebagai bentuk penghormatan kepada para ibu. Pada tahun 1914, Presiden Amerika Woodrow Wilson akhirnya menetapkan hari ibu sebagai hari libur resmi nasional.

Di sebagian besar negara di timur tengah, hari ibu dirayakan pada tanggal 21 Maret. Ini bermula dari sebuah buku berjudul Smiling America yang terbit pada tahun 1943 dan ditulis oleh seorang jurnalis Mesir bernama Mustafa Amin. Meski memiliki latar belakang sejarah dan tanggal peringatan yang berbeda-beda, hari ibu dimanapun juga pada dasarnya memiliki semangat yang sama.

Hari ibu dimanapun dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih terhadap jasa-jasa seorang ibu. Meluangkan waktu pada hari ibu dan berkumpul bersama di hari tersebut adalah sebuah hal yang perlu dilakukan demi menyenangkan hati ibu anda.




Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa