Manfaat Bawa Bekal ke Kantor

Manfaat Bawa Bekal ke Kantor

Sesuai Selera, Irit, dan Lebih Sehat

Kesibukan di kantor terkadang menjadi alasan utama seseorang mengabaikan pola makan yang benar. Padahal ada segudang aktivitas yang harus dilakukan.

Akibatnya orang akan lebih memilih segala sesuatu yang serba instan atau cepat, termasuk makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Padahal belum tentu makanan dan minuman yang instan tersebut baik untuk kesehatan tubuh kamu. Nah, kalau begini solusinya adalah kamu bisa membawa bekal untuk makan siang buatanmu sendiri ke kantor.

Eits, gausah gengsi dulu! Karena menurut Themis Chryssidis, juru bicara untuk Asosiasi Ahli Diet Australia mengatakan bahwa makan siang yang sehat akan memberi otak kita sumber energi berupa indeks glikemik rendah yang dapat bekerja dengan baik.

Indeks glikemik sendiri (https://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_Glikemik ) merupakan angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

Dengan kata lain makan siang memegang peranan penting sebagai pemberi asupan baik bagi tubuh yang menentukan kerja otak kita agar bekerja dengan baik.

Melansir dari laman Huffington Post (https://www.huffingtonpost.com.au/2016/04/12/bringing-lunch-to-work_n_9675486.html ), ada 6 manfaat yang akan kamu dapatkan ketika membawa bekal ke kantor. Apa aja sih?

Image result for carbs vs vegetables
  1. Makan Sayur Lebih Banyak

“Salah satu bahaya membeli makan siang adalah mereka umumnya rendah sayuran, jadi dengan membawa salad atau makanan hidangan sisa. Dapat membantu Anda benar-benar mendapatkan asupan sayuran.” Ujar Chryssidis.

Kamu bisa membuat salad yang sederhana dengan isi rebusan wortel, tomat, kentang, jagung rebus, dan kacang polong. Bisa juga kamu tambahkan dengan variasi potongan sosis, atau telur orak-arik.

Voila! Salad sederhana untuk bekal makan siang yang sehat sudah siap untuk kamu bawa ke kantor.

  1. Mengonsumsi Lebih Sedikit Lemak, Garam, Gula dan Energi

“Bukan hanya kandungan nabati rendah yang dapat menjadi perhatian. Ketika kita membeli makanan dari tempat-tempat yang bisa dibawa pulang, restoran, kafe dan hotel kita mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh, garam dan gula, serta asupan energi yang tinggi juga,” Kata Chryssidis.

Mengurangi asupan lemak jenuh, natrium, dan gula dapat membantu kita mengatur berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Image result for eat smaller portions
  1. Porsi Makan Yang Sesuai

“Dengan semua aroma, visual, dan nilai makanan di food court, Anda melihat sekeliling dan berpikir, ‘Saya hanya akan makan porsi yang lebih besar,” Kata Chryssidis.

Ketika kamu lapar dan dengan waktu istirahat yang sedikit, otomatis kamu akan memilih porsi makanan yang besar. Padahal belum tentu porsi yang besar ini sesuai dengan porsi makan yang biasa kamu konsumsi. Yang ada malah makanan pun menjadi terbuang.

Dengan membawa bekal sendiri, porsi yang kamu buat pun sesuai dengan kebutuhan porsi makanmu.

Image result for no snacking
  1. Tidak Ada Godaan Makan Siang ‘Ekstra’ Dan Minuman

“Semua makanan di food court menambahkan porsi lebih banyak pada makanan maupun minuman yang dijual. Yang mana mengandung lebih banyak gula, garam, dan lemak. Sekali lagi, apakah tubuh Anda benar-benar membutuhkan itu semua? Mungkin tidak,” Lanjut Chryssidis.

Ketika kamu membawa bekalmu sendiri, maka kamu akan terhindar dari jajan sembarangan. Yang belum tentu mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Dengan membawa bekal, maka rasa lapar dan gizi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Tanpa tambahan lain yang justru tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Image result for saving
  1. Menghemat Uang

Membawa bekal makan siang sendiri dapat membantu kamu untuk menghemat cukup uang, loh. Uang yang tadinya akan kamu habiskan untuk membeli makan siang saat jam istirahat kantor, dapat kamu gunakan untuk keperluan lainnya deh.

Kamu bisa simpan uang makan siangmu ke dalam tabungan untuk liburan!

Image result for menahan lapar
  1. Mencegah Rasa Lapar Setelah Siang Hari

“Alasan mengapa makan siang begitu penting adalah karena, setelah makan siang yang tidak sehat, begitu banyak orang mencapai titik terendah sore itu. Begitu mereka tiba di rumah, mereka akan menggeledah dapur atau dalam perjalanan pulang mereka akan membeli sesuatu dari stasiun,” Kata Chryssidis.

Bekal makan siang yang kamu buat sendiri tentu sudah mengandung cukup gizi untuk kebutuhan harianmu. Sehingga kamu dapat terhindar dari rasa lapar yang bisa saja datang terus menerus, yang tentunya dapat mengganggu aktivitasmu.

Prestisian, itu lah 6 manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu membawa bekal makan siangmu sendiri.

Gak usah gengsi, ya! Justru dengan membawa bekal makan siang sendiri kamu bisa melatih kemampuan memasakmu, meski ketika dikejar waktu masuk jam kantor. Selain itu asupan gizi yang baik pun terjaga.

Jadi, mau bawa bekal menu apa besok?




© 2020 Prestisa