Tradisi Santapan Menyambut Tahun Baru

Tradisi Santapan Menyambut Tahun Baru

tips merayakan tahun baruTradisi Santapan Menyambut Tahun Baru

Ada banyak sekali cara menyambut tahun baru yang unik di seluruh dunia. Salah satu bentuk cara menyambut tahun baru adalah dengan sebuah acara makan. Ada makanan-makanan yang dianggap spesial pada momen tahun baru di daerah-daerah tertentu.

Anggur.  Di Spanyol terdapat tradisi menyambut tahun baru dengan makan dua belas butir anggur, satu butir setiap jamnya. Tradisi ini berawal pada tahun 1909 ketika orang-orang yang membudidayakan buah anggur belajar mengurus surplus buah anggur. Tradisi ini kemudian menyebar ke Portugis dan negara-negara jajahan Portugis seperti Venezuela, Kuba, Meksiko, Ekuador, dan Peru. Tapi orang Peru memakan tiga belas butir anggur demi nasib yang lebih baik.

Sayuran. Tradisi mengkonsumsi masakan sayuran seperti kubis, collard, kale dan lobak dilakukan di berbagai belahan dunia dengan alasan yang sederhana, karena sayuran terlihat mirip seperti uang yang dilipat sehingga menjadi simbol rezeki yang berlimpah. Orang-orang Denmark makan kale yang direbus dengan gula dan kayu manis, orang-orang Jerman memilih mengkonsumsi kubis, sementara di daerah selatan Amerika, collard adalah sayuran yang dipilih.

Ikan. Ikan adalah pilihan yang baik untuk sajian menyambut tahun baru. Menurut Mark Kurlansky, penulis “Cod: A Biography of the Fish that Changed the World”, ikan kod telah didistribusikan hingga ke Mediterania bahkan Karibia sebelum masa adanya lemari es ataupun transportasi modern.




© 2020 Prestisa