Mengenal Batik Bermotif Bunga – Selamat Hari Batik Nasional Indonesia!

Mengenal Batik Bermotif Bunga – Selamat Hari Batik Nasional Indonesia!

Tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO telah menyatakan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Indonesia. Dan setelah 5 tahun ini masyarakat dunia sudah semakin antusias dengan karya Indonesia yang satu ini. Untuk itu demi memeriahkan hari Batik Nasional yang satu ini mari kita mengenal salah satu tipe motif batik di Indonesia yakni motif Bunga

Seperti yang kamu tahu Batik memiliki banyak motif, dari bentuk motif tumbuhan, hewan, geometric, sampai dengan parang. Motif – motif ini memiliki teknik dan cara pembuatannya sendiri berbeda dari yang lain. Oleh karena itu pengrajin batik memerlukan beberapa waktu untuk mendalami dan mengasah keahliannya.

Motif batik ada berbagai macam sebenarnya, dari motif batik keraton jawa atau yang lebih dikenal sebagi motif batik pedalaman (pusatnya da pada kekeratonan Jogjakarta dan Surakarta), kemudian ada juga Batik Pesisir, sesuai dengan namanya batik ini memang datang dari pesisiran alias pantai. Dimana batik pesisir ini juga mempunyai banyak tipe juga., ada juga batik pariangan, Batik Bali, Bati Jambi. Sampai dengan perpaduan diantara seluruh batik tersebut.

Mungkin sebenarnya kamu memang sudah menganal banyak motif seperti yang diakatakn diatas tapi tidak pernah terlalu menganl arti dan maksud dari setiap batik. Karena memang batik itu sendiri tekstur dan motifnya biasanya memilki arti dan maksud tertentu. Seperti pada motif bati bunga yang satu ini.

Batik Bunga, adalah motif batik yang biasanya di dalamnya terdapat motif sederhana seperti daun, bunga, dan corak tumbuhan lainnya. Motif ini berarti bahwa Wahyu Tuhan telah memberikan seseorang suatu penghargaan, kehiduapn baik. Jadi mungkin motif ini cocok untuk kamu yang sedang naik pangkat, menang lomba, atau berhasil meraih suatu tujuan bahkan mungkin cita – cita kamu.

Nama motif bunga seperti yang ada padi di atas itu sendiri bernama Batik pesisir dengan motif buketan dari Pekalongan, Jawa Tengah. Tahukah kamu buketan itu diambil dari kata bouquet atau buket. Jadi memang bunga batik yang biasanya bermunculan dalam motif batik bunga kita, diambil dari contoh bunga buket asli.

Jadi sebenarnya motif batik bunga ini datang dari salah satu cabang batik pesisir, bersamaan dengan motif batik tuban, batik madura, batik lasem, batik cirebon. Memang kalau dilihat dari teknik dan warnanya sebenarnya ada sedikit kesamaan di antara batik tersebut.

Seperti contoh batik madura, yang juga sebenarnya mengambil banyak tekstur motif bunga. Di sisi lain batik cirebon meski tidak mengambil motif bunga dan tumbuhan tapi keluweasan dalam penggambaran tektur dalam batiknya menyerupai teknik tekstur di batik lain pula. Nah kalau batik lasem, beberapa teksturnya ada bunga didalamnya meski memang bentuk dan coraknya jelas berbeda dengan batik pekalongan buketan, dan batik madura. Sedangkan batik Tuban, memiliki beberap kesamaan dengan batik lasem dalam beberapa hal, tapi batik ini tidak menggunakan motif bunga secara jelas atau bahkan tidak samasekali.

Jadi bagaimana apakah kamu mulai mengenal motif batik bunga yang satu ini? Ternyata Indonesia memiliki banyak motif ya ? Untuk itu ayo tunjukan apresiasimu terhadap batik hari Ini, dan jangan lupa juga ajak keluarga, sahabat terdekat, kekasihmu untuk ikut berpartisipasi. Dengan itu, diharapkan masyarakt Indonesia makin dapat mengahrgai karya yang satu ini – So Good Luck




Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa