Menghindari Flu?? Ini Caranya!

Menghindari Flu?? Ini Caranya!

Selamat siang Prestiser!

 

Pergantian musim memang jadi alasan utama banget buat orang terjangkit suatu penyakit. Apalagi kalau tidak diberi suplemen tambahan. Ada beberapa penyakit yang semestinya tidak kita sembuhkan dengan obat atau antibiotik. Mengurangi konsumsi obat juga akan berdampak baik bagi Anda di masa akan datang. Contohnya adalah flu. Wabah ini sering menyerang kapanpun tubuh Anda sedang tidak fit. Beberapa orang mengkonsumsi vitamin untuk mengindari penyakit tersebut. Selebihnya, mengkonsumsi obat yang terkadang langsung diberi antibiotik.

 

Sebenarnya, ada bermacam cara Anda untuk tetap sehat dan tidak terserang flu selain hanya meminum suplemen saja. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari wabah flu:

 

  1. Mencuci Tangan

 

Kebanyakan orang memang telah mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun. Tetapi mencuci tangan dengan baik dan benar, terkadang belum dilakukan oleh banyak orang. Cobalah untuk mencuci tangan sampai ke sela-sela jari karena tangan merupakan ‘link’ utama buat virus untuk bisa berkembang pada tubuh kita. Cuci tangan sebelum menyentuh wajah sangat dianjurkan

 

  1. Sup Ayam

 

Hasil penelitian University of Nebraska Medical Centre, mengonfirmasi kebenaran dalam bahwa sup ayam dapat memicu reaksi perlawanan terhadap flu. Caranya adalah dengan menghambat pergerakan neutrofil, yang merupakan sel-sel darah putih yang bekerja merangsang pengeluaran lendir atau ingus

 

  1. Kurangi Alkohol

 

“Saat mengonsumsi alkohol, zat tersebut akan diserap oleh lambung, masuk ke dalam aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh,” kata Dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, dari Divisi Alergi Imunologi Klinik RSCM/FKUI. Saat alkohol masuk ke dalam aliran darah, ia akan menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk flu.

 

  1. Yogurt

 

Lebih dari 70% sel-sel imunitas yang memproduksi antibodi berada pada sistem pencernaan. Yogurt dapat membantu Anda untuk tetap hidup sehat dan mencegah Anda dari wabah flu

 

  1. Tutup Mulut

 

Virus tetap berkembang di udara. Ketika orang membuang tisu sembarangan, bawah penyakit di dalamnya sangat mengancam Anda. Gunakanlah tisu bukan kain kecil untuk Anda gunakan ketika bersin dan flu. Jangan gunakan tisu berulang kali dan jangan buanglah tisu tersebut di tempat sampah yang tertutup.

 

  1. Jangan Merokok

 

Jika Anda ingin meningkatkan sistem imun tubuh dengan meminum vitamin, Anda juga harus mengurangi asupan rokok Anda.  “Hasil penelitian yang dilakukan di Hongkong memperlihatkan risiko infeksi flu yang lebih tinggi di kalangan perokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok,” kata dr. Iris. Merokok dapat menurunkan fungsi cilia (rambut-rambut halus yang berada di dalam hidung). Padahal, cilia bekerja untuk menyaring udara yang masuk melalui hidung sebelum sampai ke paru-paru dari kuman dan virus.

 

Itulah 6 cara untuk Anda menghindari wabah flu. Semoga bermanfaat! J




Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa