Web Analytics Made Easy - StatCounter

Simak Daftar Kadar Yang Direkomendasikan ini Sebelum Minum Suplemen Vitamin

Simak Daftar Kadar Yang Direkomendasikan ini Sebelum Minum Suplemen Vitamin


Prestisa.com – Tubuh perlu nutrisi seperti suplemen vitamin dan mineral untuk mampu mendukung sistem kekebalan tubuh.
Dilansir dari Klikdokter.com, tubuh manusia butuh vitamin B, C, D, E, asam folat, besi, selenium dan seng setiap hari agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik.

Pada kondisi tertentu, tubuh membutuhkan asupan vitamin yang lebih dari biasanya, seperti ketika sakit, hamil, menyusui, usia lanjut.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, kita dapat memperolehnya dari suplemen vitamin.

Namun, kemudahan mendapatkan suplemen vitamin bukan berarti kita dapat mengkonsumsi tanpa aturan. Tubuh tetap memerlukan suplemen vitamin dalam jumlah terukur agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Berikut ini adalah takaran kebutuhan vitamin sesuai kondisi tubuh:

  1. Vitamin A. Bagi pria dewasa, kadar vitain A yang dapat direkomendasikan per hari adalah 3000 IU. Sedangkan untuk wanita sebaiknya 2300 IU. Bagi anak usia 1 hingga 3 tahun, jumlah kadarnya 1000 IU. Sedangkan usia 4 hingga 8 tahun berkadar 1300 IU. Untuk usia 9 hingga 13 tahun, 2000 IU. Vitamin yang baik untuk kesehatan mata ini hanya dapat diterima tubuh jika tidak melebihi batas kadar 10.000 IU.
  2. Vitamin B1. Vitamin yang bagus untuk kesehatan otak ini sebaiknya diasup tubuh pria berusia di atas 19 tahun dalam kadar 1,2 mg perhari. Sedangkan untuk wanita berusia di atas 19 tahun, kadar yang direkomendasikan adalah 1,1 mg perhari.
  3. Vitamin B3 sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sel darah, otak, sistem saraf dan kulit. Untuk pria, kadar yang direkomendasikan adalah 16 mg, sedangkan wanita, 14 mg.
  4. Vitamin B6. Pada pria usia 19 – 50 tahun, kadar yang mencukupi adalah 1,3 mg. Sedangkan bagi pria usia di atas 51 tahun, kadar yang dibutuhkan adalah 1,7 mg. Untuk wanita berusia 19 – 50 tahun, kadar yang pas adalah 1,3 mg. Sedangkan wanita berusia 51 tahun ke atas, 1,5 mg. Kadar maksimal vitamin B6 yang dapat diterima oleh tubuh adalah 100 mg.
  5. Vitamin B9. Vitamin ini kerap kali populer dengan nama asam folat. Vitamin B9 ini termasuk suplemen wajib bagi ibu hamil untuk mencegah kecacatan pada janin dan preeklampsia. Oleh karena itu kadar yang direkomendasikan bagi ibu hamil melebihi kondisi normal, yaitu 800 microgram (mcg). Sedangkan pada ibu menyusui, kadar yang direkomendasikan adalah 600 mcg. Sedangkan secara umum, tanpa batasan usia, kadar yang baik hanyalah 400 mcg.
  6. Vitamin B12. Jumlah yang disarankan bagi asupan vitamin ini untuk pria dan wanita berusia di atas 14 tahun adalah 2,4 mcg. Vitamin B12 ini mampu melindungi sel saraf dan menghasilkan sel darah merah serta melancarkan pertumbuhan.
  7. Vitamin C. Vitamin yang paling populer dan sangat mudah didapatkan ini ternyata tidak terlalu banyak dibutuhkan tubuh untuk kebutuhan harian. Untuk pria, kadar yang direkomendasikan hanya 90 mg. Sedangkan wanita, hanya 75 mg. Khusus bagi perokok, dosis harus ditambah 35 mg. Namun, tubuh hanya dapat menerima asupan vitamin C ini maksimal 2000 mg.
  8. Vitamin D. Vitamin ini paling mudah diperoleh. Cukup berjemur di sinar matahari pagi, kita sudah bisa mendapatkannya. Tapi jika dibutuhkan dan tidak ada sinar matahari, kita bisa mengonsumsinya. Untuk bayi usia 0-12 bulan, asupan vitamin D yang direkomendasikan hanya 10 mcg atau 400 IU. Sedangkan bagi anak anak dan orang dewasa, 15 mcg atau 600 IU. Jumlah akan lebih banyak bagi wanita lansia, yaitu 20 mcg atau 800 IU. Batas aman yang dapat diterima tubuh adalah 4000 IU.
  9. Vitamin E. Jumlah asupan yang diperlukan anak anak dan orang dewasa untuk vitamin E sama, yaitu 15 mcg. Sedangkan bagi ibu menyusui lebih banyak, 19 mcg.
  10. Vitamin K. Vitamin K baik untuk membantu proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang pada lansia. Bagi pria dan wanita berusia 14-18 tahun, kadar yang direkomendasikan 55 mcg. Sedangkan bagi pria dan wanita berusia di atas 19 tahun, 65 mcg.

Sebagian vitamin di atas dapat dibuang oleh tubuh jika jumlahnya berlebihan. Namun, khusus vitain A, D, E dan K, akan berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya berlebih karena akan menumpuk di dalam jaringan tubuh hingga menjadi racun.
Oleh karena itu, tetap mengkonsumsi suplemen vitamin dalam jumlah terukur. Tidak berlebihan.

Dalam rangka Hari Perawat Nasional, 17 Maret 2021, Prestisa merilis serangkaian produk spesial yang bernama “Hampers Prestisa Pasti Peduli Kesehatanmu (P3K)”. Dalam produk hampers P3K ini, kamu akan mendapatkan sejumlah produk spesial yang akan mensuplai kebutuhan vitamin yang dapat menjaga kesehatanmu.

Yuk, dipilih hampers mana yang kamu butuhkan dan segera order. ***

Sumber: Klikdokter, Alodokter
Foto: Unsplash/ Sharon McCutcheon


Rate this post


Prestisa telah Melayani


Head Office :
Ruko pasar sinpasa summarecon bekasi No B-32, RT.003/RW.005, Marga Mulya
Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17142
© 2021 Prestisa