Tips Sukses Jadi Sekretaris

Tips Sukses Jadi Sekretaris

KAMU SEKRETARIS? BACA ARTIKEL BERIKUT

Menurut wikipedia, sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya.

Pekerjaan ini cukup demanding karena kita harus selalu standby untuk memenuhi segala agenda dan tuntutan dari atasan. Apa aja sih suka duka jadi sekretaris?

1)Duka : Sekretaris Itu Lebih Banyak Pekerjaannya. Dibandingkan Dengan Staff Lainnya

Kenapa bisa dibilang begitu? karena, menjadi sekretaris memang tak seenak kelihatannya.
Yang dikerjakannya tidak hanya urusan kantor saja, terkadang urusan rumah tangga atasannya pun jatuh ke tangan dia. Mulai dari urusan sekolahnya anaknya, sampai mencarikan tiket liburan untuk keluarganya. 

2)Duka : Belum Lagi Kearsipan Yang Segitu Banyaknya. Rasanya Jangan Ditanya, Cukup Membuat Jari Mati Rasa!

Untuk yang satu ini mungkin banyak yang menyerah. Mengarsip tidak segampang kelihatannya. Semua surat masuk dan keluar tidak bisa sembarangan disimpan. Semua harus dimasukan ke dalam satu folder, dan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. 
Banyak prosesnya, dan semuanya harus dikerjakan dengan tulisan tangan. Rasanyaaaa, jangan ditanya cukup membuat jari ini mati rasa!

3)Duka : Perpajakan? Sudah Bukan Hal Asing Lagi Buat Kami. Dan Yang Satu Ini Tetap Tak Boleh Terlewatkan.

Setelah mengatur data perusahaan dan keluarga atasan. Tugasnya belum selesai nih. 🙁 laporan perpajakan juga gak boleh sampai terlewatkan.
Mulai dari pengecekan, perhitungan sampai pelaporan pajak penghasilan. 

4)Duka : Siapa Bilang Tugas Kita Hanya Merapihkan Fotokopian?

Tugas sekretaris gak hanya merapihkan fotokopian, tapi mengarsip dokumen perusahaan dan itu bukan pekerjaan yang gampang, memangnya untuk apa diarsip? untuk atasan ataupun divisi lain yang memebutuhkan, supaya dokumen rapih dan gak berceceran saat sampai di tangan kalian.

5)Suka : Salary Besar

Jika bicara tentang salary atau gaji, seorang sekretaris pada umumnya mendapatkan gaji yang cukup memadai dan sangat menarik dibandingkan dengan pekerjaan atau profesi lainnya. Hal ini juga jelas bergantung dengan kinerja seorang sekretaris. Kalau kamu kerja sebagai sekretaris tapi salary kamu termasuk average, perlu dipertanyakan tuh.

6)Suka : Mendapat Promosi

Sekretaris juga memiliki sangat banyak peluang kenaikan jabatan seperti menjadi manajer. Semuanya ini bisa didapat karena ada keterkaitan tugas dari seorang sekretaris dan juga manajer sehingga bisa sambil menimba ilmu sekaligus mendapatkan pengalami dari pimpinannya.

7)Suka : Memiliki wawasan lebih luas

Dibandingan dengan beberapa pekerjaan lain dalam sebuah organisasi, sekretaris mempunyai daya saing lebih unggul dan juga lebih menonjol dri segi wawasan seperti kepandaian dalam berpikir.

Apa saja tips jadi sekretaris sukses?

Memiliki Kepribadian Baik dan Menarik

Seorang sekertaris biasanya akan senantiasa berkontribusi dalam setiap perjalanan dan juga kegiatan sang direktur atau atasan. Nah, di pekerjaannya tersebut, sang sekertaris akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari rekan bisnis, investor perusahaan dan beragam orang penting lainnya.

Untuk itu, sekertaris hebat tidak lagi dinilai dari penampilan menariknya saja, namun juga kepribadikan yang baik, unik dan menarik, karena hal tersebut sangat dibutuhkan terlebih lagi saat berkomunikasi dari pihak eksternal.

Ilmu dan Wawasan Terus Bertambah

Akan ada masanya di mana setiap sekertaris dari berbagai perusahaan dipertemukan satu sama lain. Karena Anda merupakan representasi dari perusahaan, tentunya Anda bisa bersaing dan menjadi lebih unggul dibandingkan sekertaris lainnya dengan menonjolkan kelebihan wawasan Anda. Penampilan bisa saja tergeser jauh saat Anda memiliki wawasan yang luas dan juga kepandaian dalam berpikir.

Etika yang Unggul

Berhubungan dengan poin sebelumnya, seorang sekertaris pasti akan mengenal berbagai deretan jajaran penting, oleh karena itu sangat penting hukumnya untuk sekertaris hebat memiliki etika yang baik dan unggul, seperti etika berbicara, berjalan, bahkan etika saat makan sekalipun karena hal tersebut akan sangat dibutuhkan dan menjadi hal yang krusial saat bertemu dengan orang penting. Karena pada dasarnya, sekertaris juga menjadi salah satu representasi perusahaan tersebut.

Keahlian Multi-Language

Karena sekertaris akan berhubungan dengan orang banyak, dan tidak semuanya berasal dari Indonesia, tentunya sekertaris hebat sangat diharapkan untuk memiliki keahlian berbahasa asing yang handal. Bahasa Inggris merupakan bahasa wajib yang sudah dikuasai oleh sekertaris tersebut, selain itu, Prancis, Mandarin, Jepang dan juga bahasa dari beberapa perusahaan asing yang sering berhubungan dengan perusahaan Anda.

Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Tidak hanya bersembungi di belakang jas sang direktur, namun ada masanya sang sekertaris akan berjalan ke depan dan juga berdiri di kakinya sendiri. Oleh karena itu, sebelum masanya tiba, sekertaris hebat sangat membutuhkan skill komunikasi yang baik, terutama saat berkomunikasi dengan para investor dan juga pihak-pihak penting lainnya.

Selain itu, biasanya sekertaris juga akan diminta presentasi yang akan mewakili sang direktur atau mewakili perusahaan tersebut, dalam hal ini, tentunya, keahlian berkomunikasi sangat dibutuhkan.

Selain skill, kita juga harus mahir menggunakan aplikasi bantuan yang mempermudah pekerjaan kita. Selain kemampuan microsoft office, ada juga beberapa aplikasi tambahan yang bisa membantu Kamu dalam bekerja, mengatur jadwal, meeting, dll. Kamu bisa download dibawah.

Sekarang Kamu tahu kan kalau pekerjaan sekretaris tuh penting banget peranannya untuk perusahaan. Ayo kembangkan kemampuan dan wawasan kita untuk jadi the best secretary untuk karir yang lebih sukses!




© 2020 Prestisa